Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Bitcoin Masih Aman Ketika Adanya Larangan Dari Bank Indonesia

Apakah Bitcoin Masih Aman Ketika Adanya Larangan Dari Bank Indonesia - Tahun 2017 merupakan tahun dimana bitcoin mencapai nilai paling tinggi, serta memberikan keuntungan yang fantastis bagi yang berinvestasi pada saat itu. Tapi di tahun 2018 ini, merupakan tahun berat bagi bitcoin karena adanya larangan penggunaan Bitcoin oleh Bank Indonesia, serta memunculkan cryptocurrency baru yang kemungkinan akan bisa berpotensi menggantikan bitcoin baru.


Apakah Bitcoin Masih Aman Ketika Adanya Larangan Dari Bank Indonesia


Kini bitcoin resmi tidak bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia, dimana mengacu pada peraturan  PBI 19/12/PBI/2017 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Dimana akan dikenakan denda sampai 200 Juta bagi yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran di Indonesia.

Mengapa Bitcoin dilarang ?,  Padahal di Negara lain Bitcoin legal. Hal ini disebabkan oleh Bitcoin sangat rentan untuk digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti pencucian uang, pembelian barang-barang ilegal, serta dapat menimbulkan inflasi terhadap mata uang Rupiah. Tentu negara tidak ingin mengambil resiko tersebut, dan akhirnya melarang menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi.

Apakah Bitcoin Masih Bisa di Gunakan di Indonesia


Jelas, adanya larangan pemerintah membuat para trading dan miner Bitcoin menjadi panik serta ramai-ramai menjual bitcoin nya. Ditambah lagi adanya pemblokiran iklan bitcoin di Facebook dan Instagram, menambah jatuhnya harga bitcoin di Indonesia. Apalagi pemberitaan di Media tentang larangan bitcoin sangat masif sekali.

Apakah Bitcoin Masih Aman Ketika Adanya Larangan Dari Bank Indonesia


Namun perlu anda cermati lagi bahwa penggunaan Bitcoin dilarang apabila anda menggunakan bitcoin tersebut untuk membeli sesuatu barang. Padahal, di Indonesia saja sangat jarang sekali ada merchant atau e-comarce di Indonesia yang menerima pembayaran dengan bitcoin.

Jadi, apabila anda ingin menggunakan bitcoin sebagai alat tukar maka kami tidak meyarankan sama sekali. Untuk itu, sekarang bitcoin bisa anda jadikan sebuah komoditas virtual atau aset virtual yang bisa anda perjual belikan dengan rupiah layaknya pembelian sebuah emas.

Menurut kami Bitcoin masih aman digunakan, selama mengikuti peraturan pemerintah dimana kita hanya dilarang untuk menggunakan bitcoin untuk membeli sebuah barang menggunakan bitcon di Indonesia. Dan perlu anda ingat bahwa, semua segala resiko yang anda lakukan dalam berbisnis bitcoin anda harus berani menanggungnya.

Karena nilai bitcoin selalu berubah-rubah tanpa adanya kepastian. Dimana anda harus pintar-pintar bertindak apabila Bitcoin mengalami pergerakan yang terus turun akibat adanya perubahan regulasi dan larangan di berbagai negara.

Resiko Penggunaan Bitcoin Di Tahun 2018


Adanya regulasi pelarangan bitcoin menciptakan sebuah resiko baru, dimana harga Bitcoin yang selalu turun. Dan tidak bisa diprediksi kapan akan naik. Untuk itu, mungkin anda bisa meninvestasikan uang anda ke komoditas nyata. Seperti emas maupun perak, dimana nilai dari barang tersebut memang bertahan lama. Sembil menunggu pergerakan positif dari bitcoin.

Karena resiko yang bisa anda dapatkan adalah, anda bisa mengalami kerugian dalam sekala besar akibat anjloknya harga bitcoin. Lalu adanya resiko didenda oleh pemerintah apabila anda terbukti membeli sebuah barang atau bertransaksi membeli tanah atau mobil dengan bitcoin, dimana nilai denda cukup mahal sebanyak 200 juta.

Dan kondisi paling aman adalah, dimana anda tidak menggunakan bitcoin sama sekali di Negara Indonesia. Dimana anda bisa berbisnis bitcoin di negara yang memang melegalkan bitcoin itu sendiri, sampai dengan kondisi pemerintah yang mungkin bisa berubah untuk melegalkan kembali bitcoin.

Harapan Kepada Pemerintah Untuk Bitcoin Kedepannya


Sebenarnya aktifitas bitcoin adalah sesuatu hal yang positf, dimana memanfaatkan teknologi kripto untuk menghasilkan sebuah data yang berharga. Dan tentu mendapatkan data perhitungan tersebut membutuhkan biaya dari listrik serta jaringan internet.

Selain itu diperlukan hardwere dengan spesifikasi tinggi, dan itulah nilai dari sebuah bitcoin itu sendiri. Dan tanpa banyak yang tidak menyadari bahwa untuk memperoleh 1 bitcoin diperlukan juga biaya listrik, hardwere, dan jaringan internet yang juga besar.

Jadi, alasan pemerintah yang mengatakan bahwa nilai bitcoin bisa dipermainkan masih bisa dipatahkan. Karena diperlukan biaya dan pengorbanan waktu yang tinggi agar penambangan bitcoin bisa berhasil.

Apakah Bitcoin Masih Aman Ketika Adanya Larangan Dari Bank Indonesia


Seharusnya pemerintah tidak perlu melarang bitcoin, namun yang perlu dilakukan adalah mengatur kembali regulasi yang ada. Agar dapat diawasi dengan baik oleh lembaga tertentu, dan melindungi konsumen yang berbisnis bitcoin.

Seperti mengawasi pihak perusahaan yang mengelola dompet bitcoin, atau memantau pertukaran bitcoin dengan rupiah siapa-siapa saja pelakunya jelas identitasnya. Dan harapannya kedepan, pemerintah bisa membuka mata dan membuat bitcoin atau mata uang virtual lainnya dapat sejalan dengan Rupiah agar adanya pengembangan ekonomi baru yang lebih baik.



Posting Komentar untuk "Apakah Bitcoin Masih Aman Ketika Adanya Larangan Dari Bank Indonesia"