Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardwere

Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardwere - Bitcoin sering dicari oleh banyak netizen karena kegunaannya sebagai alat pembayaran yang praktis. Betapa tidak, bitcoin bisa digunakan untuk pembayaran tanpa mengenal waktu dan tempat. Selama 24 jam penuh Bitcoin bisa digunakan asalkan transaksi tersebut dilakukan via internet.

Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardwere


Ini membuat banyak orang yang mengidamkan pundi-pundi poin Bitcoin yang melimpah dengan gratis. Penambangan Bitcoin atau Bitcoin mining tidaklah mudah.Karena membutuhkan perhitungan yang kompleks melalui hardwere komputer.

Dulu, hanya dengan menggunakan CPU saja kegiatan penambangan Bitcoin ini dengan mudah bisa dilakukan. Sayangnya, saat ini tak semudah itu. Penambangan dengan CPU dinilai lebih lamban dibandingkan dengan GPU.

Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardwere


Untuk itu, diperlukannya sebuah kartu grafis video terbaik bisa Nvidia maupun AMD yang anda miliki, agar dapat memecahkan kode rumit dalam menambang bitcoin melalui softwere yang terkenal yaitu GUIMiner. Memang membutuhkan biaya yang besar untuk bisa menambang bitcoin melalui hardwere.

Sebelum memulai menambang bitcoin, ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yaitu wallet (dompet Bitcoin), akun pool mining, software penambang, kartu grafis, laptop/PC, hardware monitoring, internet, dan pendingin laptop. Agar cara menambang yang mudah dengan hardware ini berhasil, Anda harus menyiapkan seluruh komponen di atas.

Di bawah ini ada langkah umum jika ingin menimbang Bitcoin. 


1. Sebelum melakukan penambangan, pastikan Anda telah mempunyai dompet/wallet Bitcoin terlebih dahulu. Jika belum, maka sebaiknya membuatnya terlebih dahulu yaitu dengan mendaftar ke salah satu situs penyedia wallet Bitcoin. Jika telah jadi, ingatlah username dan password karena pihak situs takkan menyediakan opsi jika Anda lupa dengan password yang telah dibuat.

2. Setelah wallet Bitcoin dimiliki, Anda wajib mendaftar di tempat yang akan digunakan untuk menambang (pool).

3. Cara menambang yang mudah dengan hardware:
  • Unduh salah satu softwere yang akan digunakan untuk menambang Bitcoin. Anda bisa  mencoba softwere GUIMiner.
  • Siapkan perangkat hardwere VGA Card yang akan anda gunakan untuk menambang Bitcoin. Usahakan menggunakan perangkat VGA terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Instal Softwere tambang bitcoin GUIMiner di laptop atau komputer yang Anda miliki. Ada baiknya Anda membuat shorcut pada desktop agar mudah saat menemukannya
  • Ketika membuka softwere ini, Anda akan diminta mengisi beberapa kolom diantaranya username, password, lokasi pool, dan jenis kartu Grafis yang Anda gunakan. Pengguna pun bisa menambahkan Extra Flag jika memang tertarik. Extra Flag ini merupakan fungsi tambahan dengan tujuan agar kartu Grafis bisa berfungsi dengan maksimal.
  • Langkah terakhir ialah klik bagian Start apabila Anda telah siap memulai penambangan.


Untuk bisa mendapatkan hasil yang baik, saat melakukan penambangan usahakan agar koneksi internet yang digunakan cukup cepat. Koneksi yang kurang baik akan memberikan dampak buruk juga untuk penambangan.

Jangan hanya terpaku pada software penambangan. Amati pula hardware monitor. Jika panasnya komponen komputer anda telah naik hingga sampai 80 derajat, segera hentikan kegiatan penambangan. Cara pemberhentiannya mudah yaitu dengan mengklik Stop.
 

Berapa Hasil Yang Bisa di Dapat Dari Penambangan Bitcoin Dengan Hardwere 


Untuk mendapatkan hasil dari penambangan semua tergantung dari kemampuan hardwere VGA card yang anda gunakan. Biasanya akan menghasilkan ketika dalam waktu 1 minggu, namun juga bsa berbulan-bulan.

Menurut perhitungan dari kalkulator bitcoin, dimana mengacu pada biaya listrik rumah tangga di Indonesia mencapai Rp 1355/kwh maka lisrik yang anda keluarkan ketika menggunakan perangkat komputer dan VGA yang menghabiskan 500 Watt maka perhitungannya ( 500 Watt/1000) x2 4 Jam x 30 Hari dimana menghasilkan 360 kwh maka dikalikan dengan harga per kwh Rp 1355 menjadi Rp 487.800.

Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardwere


Sedangkan untuk hasil dari penambangan bitcoin berdasarkan tingkat kesulitan yang sekarang semakin tinggi maka untuk menambang secara solo, hanya bisa mendapatkan $ 8 untuk krus Rp 13.300 maka sekitar Rp 106.400 untuk setiap keberhasilan dalam memecahkan sebuah blok tambang yang biasanya memakan waktu hampir 2 minggu.

Yang paling harus anda perhatikan adalah penggunaan daya listrik, dimana anda harus menghitung secara akurat pemakaian listrik secara efisien ketika menggunakan hardwere komputer untuk menambang bitcoin. Karena listrik, merupakan biaya paling mahal dalam menambang bitcoin.

Itulah gambaran cara menambang bitcoin yang paling mudah dengan hardware VGA. Penggunaan hardware ini memang melibatkan PC atau laptop yang disertai dengan koneksi internet yang berkualitas.

Terlebih lagi, dibutuhkan beberapa software penting saat penambangan berlangsung. Bagaimana?, Tertarik melakukan penambangan dengan bantuan hardware? Lakukanlah cara-cara di atas dengan hati-hati. Ingatlah hal-hal penting seperti username dan password akun Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menambang Bitcoin Dengan Hardwere"